Cara Benar Mengkonsumsi Air Putih


Manfaat minum air putih yang banyak setiap hari sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun jangan salah persepsi, minum air putih dalam jumlah banyak dan dalam satu waktu secara bersamaan justru dapat mengganggu kesehatan. Terlalu banyak cairan yang masuk ke dalam tubuh justru akan memperberat kinerja ginjal dalam memfilter cairan yang masuk. Memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh memang merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan. Namun, pemenuhannya harus dilakukan dengan benar dan juga secara bertahap agar kesehatan justru tidak menurun.
Konsumsi air putih yang dianjurkan adalah 8 gelas per hari atau 2 liter per harinya. Aturan minum air putih setiap harinya yang tepat dapat dilihat melalui pemaparan berikut.
  • Minumlah satu gelas air putih saat bangun tidur. Anda bisa meminum air putih sebelum menyikat gigi dan makan pagi. Manfaat air putih tersebut sangat penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang ketika Anda tidur.
  • Minumlah satu gelas air putih saat akan berangkat bekerja atau beraktifitas.
  • Minum satu gelas air putih saat bekerja atau dalam lingkup berkegiatan, yakni sekitar pukul 11.00. Ketika Anda bekerja kurang lebih selama 3 jam, cairan tubuh akan berkurang. Minum air putih dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang.
  • Satu gelas air putih yang keempat dapat diminum saat makan siang atau sekitar 30 menit sebelum makan siang.
  • Dua gelas air putih masing-masing antara pukul 14.00 dan 17.00.
  • Satu gelas air putih yang ketujuh diminum sekitar satu jam sebelum makan malam atau sekitar pukul 18.00.
  • Satu gelas terakhir diminum saat menjelang tidur atau sekitar pukul 20.00.
Itulah beberapa aturan tepat minum air putih setiap harinya. Dari pemaparan tersebut, air putih sangat penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas tertentu, juga untuk berperan membantu proses pencernaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOSSA CUBITI

Jean Watson

Raker Sahara PSIK FK UNSRI