Motivasi Diri



Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
Gimana kabarnya akhi ukhti sekalian? Mudah-mudahan kita masih selalu diberi perlindungan oleh Alloh dan dimudahkan urusannya oleh Alloh swt.
Beberapa hari yg lalu sy mendengar ceramah dari seorang Ustadz, topiknya tentang Memotivasi Diri Sendiri. Nah kayaknya cocok bgt nih buat kita-kita yg lg dilanda kejenuhan akan tugas-tugas kampus, ujian, skripsi, dkk.
Termotivasi sendiri berarti seseorang yang tergerak dari hatinya sendiri sedangkan org yg bergerak karena paksaan itu namanya adl manipulasi. Motivasi diri ini penting loh, soalnya tidak jarang kt berpikir dg mengeluarkan perkataan yg scr langsung maupun tdk langsung memperlemah diri kt sendiri.
Mengapa ada orang yg tahajud dan ada yg tidak tahajud padahal malamnya sama? Jawabannya adalah tergantung motivasinya. Ada org yg sangat semangat tahajud. “sy harus tahajud. Sy bisa tahajud. Tahajud itu nikmat. Tahajud jalan keselamatan. Tahajud membuka pertolongan alloh. Dengan tahajud diampuni dosa-dosa. Dg tahajud hari2 yg sy lalui akan dibimbing oleh alloh dg tahajud sy akan lebih kuat menghadapi hidup ini dg tahajud sy akan disayang Alloh..tahajud! tahajud! Tahajud!” Maka besar kemungkinan dia akan menjadi orang yg tahajud. Ttp orang yg “haduuuhhh, gimana ya kl tahajud bsok d kampus tidur :( Sy suka gk enak badan kl kurang tidur. Lagipula serem mau ngambil air wudhunya. Aduhh gimana yaaa..” Yah, kl nadanya sj sdh tdk bersemangat apalagi tahajudnya.. -_-
Sama halnya ketika kita sedang belajar. “aduh mata kuliah ini susah bgt nih. Udah gitu dosennya killer pula,  ngomongnya pelan, bikin ngantuk lagi.” Wah, positif susah beneran. Tapi jika “Bisa. Bisa. Bisa. Saya harus bisa. Harus bisa. Mengerti. Mengerti. Tdk akan berualang waktu spt sekarang, ini pelajaran berharga sy hrs ngerti. Bisa. Bisa. Hrs mengerti.” Nah klo kita sudah menyugestikan begitu , insyaalloh kita jadi bisa untuk menerima kuliah dari dosen.
Ketika kita sedang menghadapi sebuah masalah, sugestikan dulu pada diri kita bahwa kita adalah orang yg kuat. Teknik lain supaya kita lebih kuat adalah ingat kepada yg lebih menderita. “Kuat. Kuat. Saya hrs kuat menjalani hdp ini. Setiap org punya masalah dan kesulitan. Sy harus kuat sy tdk boleh gagal menghadapi hdp ini. Setiap masalah sdh diukur oleh Alloh. Sy hrs tegar. Hadapi, hayati dan nikmati.” Hal pertama yg harus diingat bahwa masalah kita itu adl takdir alloh. Tdk ada musibah yg terjadi kecuali dg izin alloh.
Nah rekan2 sekalian memotivasi diri dg kata-kata yg berulang-ulang kt tegaskan itu membuat kt punya kemampuan lebih. Jika org lain bisa knp kita tdk? Jk kt tdk terampil menyemangati dr kt sendiri lalu siapa lg klo bkn dr kt? Maka dari itu mulai dari sekarang kita harus menyemangati diri kita sendiri dengan kata-kata yg postitif dan membangun dan mudah-mudahan kt menjadi org yg bisa memotivasi diri. Semagat :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOSSA CUBITI

Jean Watson

Raker Sahara PSIK FK UNSRI