Manjada Wa Jada



Assalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh
Puji syukur kehadirat Alloh swt karena atas rahmatNya lah agenda Taujih kader Sahara, 23 April 2013 berjalan dengan lancar. Taujih Sahara dg Kak Munawir kali kali ini mengangkat tema “Manjada Wa Jada Dalam Amanah” , Seuntai kata-kata mutiara ( Mahfudzoth) yg sudah familiar di telinga kita.
“Barang siapa bersungguh-sungguh maka dapatlah ia”
Ya, memang diperlukan suatu kesungguhan agar kita tidak menyesal dikemudian harinya.
Bicara tentang amanah, amanah adalah hal terberat di dunia ini, sesuatu yang diberikan kepada kita yang nantinya akan dimintai pertanggungjawaban oleh Alloh swt. Seringkali kita tidak berhasil dalam memegang amanah, penyebabnya adalah kita kurang bersungguh-sungguh dan tidak ada keseriusan di dalamnya.
Terkait dengan amanah,  Allah memberikan amanah kepada kita sebagai makhluk Alloh :
     1. Sebagai Kholifah. Sebagai Pemimpin di muka bumi.
“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
QS. Al Baqoroh ayat 30
     2. Dakwah
 “Sampaikanlah walau hanya satu ayat” HR. Bukhori
      Dulu, saat Nabi saw seorang diri berjuang dalam jalan dakwah, jutaan rintangan menerpa Beliau, tetapi dengan tekad dan kesunguhan Nabi saw akhirnya kini hampir 2 milyar penduduk di dunia ini memeluk agama Alloh. Oleh karena itu, kesungguhan dalam berdakwah itu sangat diperlukan
   3. Untuk beribadah kepada Alloh swt
“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.”
QS. Adzaariyaat ayat 56
Jadi intinya harus ada kesungguhan dalam menjalankan amanah dari Alloh swt, dibutuhkan keseriusan dalam seluruh aspek kehidupan, terutama jalan dakwah ini. Karena jika kita sudah bersungguh-sungguh InsyaAlloh tidak ada kekeceawan di akhir nanti.
Sekian ulasan singkat tentang Taujih kali ini, cuma sedikit tapi semoga bermanfaat..
Wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOSSA CUBITI

Jean Watson

Raker Sahara PSIK FK UNSRI